Rendang oh rendang

Lebaran ngak lengkap tanpa rendang .

Klo kalian mau masak rendang tapi ngak tau bumbunya bisa beli bumbu rendang basah di pasar atau bumbu instan dan ngak lupa santan dan daging atau bahan yang mau kalian bikin rendang soalnya walau identik sama daging sapi klo mo diganti pake ayam , jengkol , dll juga bisa .

Biasanya bumbu jadi itu udah ada garamnya tapi bisa di tambah garam sesuai selera .

Cara masaknya juga gampang . Pertama tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng sampe harum abis itu masukkan daging atau bahan dasar aduk aduk sampai daging tercampur dengan bumbu dan aroma berubah . Abis itu masukkan air . Airnya sampai semua daging terendam dan ada lebih kira kira 1 ruas jari . Didihkan sampai air berkurang tapi daging masih terbenam . Lalu masukkan santan . Jangan lupa aduk daging agar santan tidak pecah dan tidak lengket di penggorengan . Terus aduk sampai air tiris dan daging empuk atau sesuai selera .

Gunakan api sedang dari awal sampai matang soalnya klo pake api besar air sudah menguap tapi daging belum lunak. Satu lagi setelah santan masuk jangan tambah air .

Untuk menghangatkan rendang bisa ditambahkan air tapi tetap dengan api sedang dan sampai susut seperti sebelum ditambahkan air . Soalnya klo tidak seperti semula rasanya akan berubah kurang enak . Dan klo muncul minyak itu dari daging dan santan jangan panik . Minta itu yang bikin rendang semakin enak.

Selamat mencoba .

Comments

Popular Posts