persiapan biaya traveling

Kayaknya ak sering banget nulis persiapan untuk traveling tapi belum pernah nulis buat persiapan biayanya.

Persiapan biaya ( uang ) penting banget . Tanpa uang yang cukup kita ngak akan bisa beli tiket, bayar penginapan juga biaya angkot,pulsa , dll .

Kita bisa membuka tabungan rencana dengan jangka waktu 1 tahun dimana uang dari rekening inti akan otomatis di transfer ke tabungan rencana sesuai tanggal yang kita mau . Tapi yang terpenting adalah kesungguhan untuk berhemat .

Terkadang orang hanya lihat foto tentang jalan - jalannya dan berfikir kalo kita pamer karena jalan - jalan . Tapi yang sebenarnya kita ngupload foto itu untuk kenang kenangan dan bukan untuk pamer . Ibaratnya klo emang orangnya sirik mau apa juga di anggapnya pamer. Di negara saya ada pepatah sirik tanda tak mampu . Karena tidak mampu dia menebarkan kebencian . Jadi dari pada kita menebarkan kebencian dan membuat orang lain menderita karena ketidak mampuan lebih baik berfikir bagaimana meraihnya .

Memasukkan jalan - jalan ke tempat impian ke rencana tahunan dan menabung . Gimana bisa menabung klo cuma punya gaji minimum tanpa ada lemburan ?.
Ada pepatah dimana ada kemauan di situ ada jalan . Kita bisa berhemat dengan naik transportasi umum dari pada bawa kendaraan pribadi dan bayar parkir . Klo kita setiap hari bayar parkir 5.000 kali 20 berarti 100.000 dan itu baru 1 bulan klo 6 bulan 600.000 dan udah bisa buat beli tiket kereta api . Itu baru parkir belum biaya tol dan bahan bakar . Biasa beli kopi siap minum di cafe kita bisa beli kopi nya yang belum di seduh dari cafe yang sama juga bahan tambahannya trus seduh sendiri , sedikit repot tapi ya namanya juga usaha 😁. Yang susah itu ngak mau usaha (berhemat ) tapi mau ambil hasil ( jalan jalan ) . Intinya ayo wujudkan cita citamu dengan cara yang baik tanpa menyakiti orang lain .

Comments

Popular Posts