Merica putih dan Ketumbar update

Walaupun udah banyak beredar bumbu masak instan yang sangat membantu bikin mendadak pinter masak sebut aja bumbu nasi goreng, opor , sayur sop, rendang , tempe goreng dll.

Tapi kadang bumbu tersebut habis dan mesti membuat buat racikan sendiri. Dari bumbu itu menurut saya paling sulit membedakan merica putih  dan ketumbar jika masih berbentuk bulat .

Ketumbar ( foto dari google )

Merica ( foto dari google )


Merica putih emang ada berapa banyak jenis merica ?  klo setau saya merica ada yang putih juga hitam . Dan yang putih itu mirip dengan ketumbar .

Merica putih memiliki rasa yang pedas , terlihat lebih bersih dan jika sudah di haluskan akan sangat halus , klo ketumbar memiliki aroma wangi yang khas, lebih lonjong dan berserat dan klo sudah di haluskan tidak sehalus merica.

Istilah Salt and Pepper juga sangat populer karena dengan garam dan merica kita bisa gunakan untuk membumbui banyak masakan .

Sementara aroma wangi ketumbar menumbuhkan rasa renyah ,ketumbar sangat cocok untuk  gorengan . Tempe, tahu, bakwan juga mendoan lebih nikmat klo ditambah ketumbar selain garam dan sedikit merica juga potongan cabe rawit atau cabe gila.

Merica memiliki rasa pedas yang berbeda cabe , jika cabe pedasnya pelan dan bertahan lama, klo merica akan langsung terasa pedas dan bisa membuat bersin ketika di tumis.

Klo teman teman malas untuk menghaluskan juga sudah tersedia ketumbar dan merica bubuk instan . 

Comments

Popular Posts