teh dan gula

Buat ak teh manis itu teh pake gula pasir entah itu yang hangat atau dingin  . Rasanya klo minum teh pake madu atau yang lain selain gula itu kurang afdol .

Kadang klo kita beli es teh manis di warung makan di mana tehnya buatan sendiri ( bukan teh dalam kemasan yang trus dimasukkin ke kulkas ) . Kita akan mendapati harta karun tambahan gula pasir yang belum diaduk  . Tadinya saya pikir ini yang bikin teh males banget ya gulanya ngak diaduk, ternyata sodara sodara gulanya emang sengaja di lebihin jadi waktu es mencair dan teh kurang manis kita bisa aduk tehnya gulanya larut dan teh kembali manis seperti semula ( cerdas ).

Dulu klo ak beli gula pasir pasti milih yang warnanya putih, bersih, cerah ternyata sodara sodara gula pasir yang manis adalah gula yang warnanya agak kuning karena sari tebu perasan pertama yang langsung di buat gula , trus klo putih itu biasanya lebih murah karena kurang manis dari yang kuning dan klo kita bikin teh pake gula yang kuning satu sendok pake gula yang putih 1 1/2 atau 2 sendok baru rasanya manis .

Dirumah ak juga selalu punya gula merah ( gula dari sari bakal buah kelapa ) ada juga gula merah dari sari bakal buah aren ( gula aren ) yang menurut ak agak sedikit pahit . Buat ngebedain gula kelapa dan gula aren bisa di lihat dari bentuknya . klo gula kelapa di cetak menggunakan potongan  bambu jadi akan seperti lingkaran kecil klo gula aren biasanya di cetak pake batok kelapa jadi akan lebih besar dan kadang  2 buah gula di tangkupkan dan diikat pake helaian daun  aren .

Comments

Popular Posts