Ketupat di hari raya

Jujur aja aku ngak bisa bikin kulit ketupat.
Entah itu yang ketupat selamet atau ketupat hari raya . Ketupat selamet itu bentuknya agak lonjong biasanya klo ngak salah itu di bikin waktu ada selametan ( syukuran dalam bahasa Jawa ) atau menyambut bulan suro . Klo salah kutip  mohon maaf ya . Ketupat hari raya itu yang bentuknya persegi sempurna yang banyak di jual klo mau hari raya idul Fitri dan idul adha.


Jadi setelah kita punya kulit ketupat janur bagian bawah yang pendek kita selipkan agar tidak ada rongga jadi waktu kita masukkan beras yang udah di cuci ngak keluar lagi .

Sebelumnya kita cuci dulu beras sesuai kebutuhan lalu tiriskan. Klo mau ketupatnya legit kaya nasi Jepang bisa di campur sedikit beras ketan .

Abis itu masukkan beras kedalam ketupat dengan menggeser janur yang panjang biar ada rongga . Biar ketupat matangnya bagus dan ngak ada beras , tapi nasi matang sempurna . Isi beras setinggi 2 anyaman lebih sedikit. Biasanya 1 kulit ketupat itu 3 layur anyaman . 3 lebar dan 3 tinggi . Klo kurang dari 2 anyaman jadi lembek .

Abis itu bersihkan kulit dari beras yang menempel di luar . Abis itu ikat 3 atau 5 ketupat . Kenapa ganjil ngak tau . Tapi biasanya sih begitu .

Setelah itu masukkan kedalam panci dan isi air sampai semua ketupat terendam . Klo punyanya panci kukus partisinya itu yang lubang-lubangnya tidak perlu di pasang . Terus masak sampai matang . Klo air udah berkurang tapi belum matang tambah air jangan sampai ketupatnya tidak terendam air . Masaknya agak lama ya teman teman .

Klo sudah matang angkat dan tiriskan . Jadi pas mau di potong ketupat kering. Kadang ketupat sampai sore belum habis dan kita takut basi . Kita bisa hangatkan ketupat dengan di rebus lagi atau di kukus . Dan di tiriskan klo udah mateng .

Klo ketupat udah terlanjur di potong potong . Cara yang paling bagus buat ngagetin nya di kukus .

Klo panasinnya pake majic cooking boleh ? Boleh atur aja .

Gimana gampang kan masak ketupat .

Comments

Popular Posts