Tape ketan yang legit, manis dan banyak airnya.

Waktu tadi nyebut ragi ak jadi ingat tape ketan .

Biasanya tape ketan hitam muncul waktu lebaran ( hari raya idul Fitri ) , dan ak sukaaaaaaaaaa banget 🥰🥰🥰  . Ada yang suka di cocol pake uli ( makanan dari ketan ) tapi buat aku ngak ada juga ngak apa-apa 😄😄😄.

Ok . Mari kita mulai jadi masukkan 1 beras liter ketan hitam dan 3 liter beras ketan putih cuci terus rendam kurang lebih 3 sampai 4 jam . Klo teman teman mau ketan hitam aja atau ketan putih aja juga ngak papa .

Air akan berubah jadi berwana agak ungu dan bikin beras ketan putih berubah warna jadi mirip ketan hitam .

Abis itu tiriskan beras ketannya lalu kukus .
Langsung kukus ? Iya langsung kukus sampai matang . Di atas tutup panci biasanya kita tarok sedikit daun pisang dan di atasnya kita kasih ragi paling 10 menit aja  di panaskan ya . Terus di gerus .

Ragi bisa di beli di tempat jual beras ketan ya teman-teman . Raginya ada yang biasa juga ada yang super . Bedanya klo pake yang super , tape cepet jadi .

Setelah matang nasi ketannya di dinginkan.  Dan klo udah tidak terlalu panas teman-teman bisa masukkan nasi tadi kedalam tempat yang sudah di alas daun pisang sedikit lalu di tabur ragi dan sedikit gula terus masukkan nasi juga ragi dan gula terus sampai habis terus tutup dengan daun pisang. Dan tinggal tunggu proses fermentasi kurang lebih 3 hari   .

Kenapa daun pisang soalnya daun pisang itu membantu menyimpan panas nasi untuk proses fermentasi . Juga biar nasinya ngak lengket di wadah.

Ada juga versi yang nasi di tarok di baskom besar terus campur sama ragi dan gula di aduk baru di masukkan ke tempat fermentasi yang udah di alas daun pisang .

Ada juga yang daun pisangnya di bikin pincuk kecil jadi bisa langsung ambil dan bentuknya cantik waktu di tarok di piring .

Oh iya tape yang bagus itu bakal manis, empuk, legit, ber air . Nah tape klo didiamkan terus sampai 5 harian air nya akan banyak dan mengandung alkohol . Jadi jangan kelamaan ya .






Comments

Popular Posts