Menuju Sumatra

Jika ingin pergi menyebrang ke pulau Sumatra selain menggunakan Pesawat Terbang  kita juga bisa menggunakan Kapal laut .

Dan pelabuhan yang biasa saya gunakan adalah Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakau Heni Lampung ( karena sekarang juga bisa dari Pelabuhan Tanjung Priuk menuju Pelabuhan Panjang di Lampung yang tadinya untuk keperluan peti kemas sekarang juga untuk penumpang perorangan ).

Untuk menuju Merak saya biasa menggunakan angkutan Kota menuju Terminal KP Rambutan untuk kemudian naik Bus antar kota antar propinsi yang tarif nya sekitar Rp 35,000 sampai Rp 40,000. Yang biasanya hanya 2 jam untuk sampai Merak .

Setibanya di terminal Merak kita berjalan menuju loket penjualan  tiket masuk kapal  sekitar Rp10,000 sampai Rp 15,000 ( tarif anak-anak dan dewasa berbeda ) lalu menuju dermaga keberangkatan untuk naik ke dalam kapal . Jika tidak salah ada 5 dermaga di Pelabuhan dan akan ada papan pemberitahuan dermaga berapa yang kapalnya akan berangkat .

Di atas kapal ada berbagai jenis ruangan ada yang lesehan atau dengan bangku . Biasanya di setiap ruangan tersedia televisi yang berisi petunjuk keselamatan yang di lanjutkan dengan film atau video klip lagu lagu . Didalam kapal juga tersedia carger, mushola, toilet yang cukup bersih juga restoran . Jadi ngak ada cerita laper, batre abis . Biasanya untuk sampai ke Pelabuhan Bakau Heni membutuhkan waktu 3 jam .

Setelah Kapal merapat kita akan turun dan berjalan keluar Pelabuhan untuk ke Terminal yang ada di dalam lingkungan Pelabuhan .

Oh iya di setiap Pelabuhan tersedia toilet, musholla, kios oleh-oleh, warung makan,toko swalayan juga tempat istirahat .

Bisa juga menggunakan Bus Damri dari Terminal KP Rambutan dengan tarif  yang berkisar 180,000 sampai 300,000 an  tergantung propinsi mana akan turun dan tidak perlu untuk turun membayar tiket di pelabuhan dan berjalan ke dermaga untuk naik kapal . Singkat kata bayar naik Bus turun di kapal ( karena tidak boleh ada penumpang di atas kendaraan di dalam kapal juga mesin kendaraan tidak boleh dinyalakan ) lalu naik bus yang sama untuk sampai terminal yang di tuju .

Saya biasa pergi di sore hari dan tiba di sana malam karena udaranya sejuk dan biasanya lebih lancar . Jadi harap maklum klo fotonya terlihat lampu - lampu .

Comments

Popular Posts